Dirjen Badilag: Jaga Kantor dan Berikan Pelayanan Terbaik

Terbit 11 Juli 2017 | Oleh : Redaksi | Kategori : Berita
Dirjen Badilag: Jaga Kantor dan Berikan Pelayanan Terbaik

SAMBAS – Itulah pesan yang  secara tegas Pak Dirjen garis bawahi dan dikatakannya berulangkali saat melakukan telecomference dengan seluruh aparatur Pengdilan Agama Sambas, Selasa (10/07) kemarin. Kegiatan tersebut dilakukan bersama dengan tiga PA lainnya di Wilayah Kalbar yaitu PA Ketapang, PA Mempawah, PA Sanggau. Pak Dirjen bertatap muka dan berbicara secara langsung  dengan aparatur Pengadilan Agama di Wilayah Kalbar yang telah dipilihnya via aplikasi Skype. Hal ini merupakan kesempatan yang jarang terjadi dan baru pertama kali di PA Sambas. Kegiatan berlangsung sekira pukul 13.30 WIB. Dihadiri langsung oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim serta sejumlah pegawai PA Sambas.

Pertama-tama Pak Dirjen menyapa PA Sanggau dan mempersilahkan jika ada pegawai yang ingin menyampaikan pertanyaan maupun uneg-unegnya, kurang lebih 15 menit beliau interaktif dengan seluruh pegawai PA Sanggau.

Selanjutnya giliran PA Sambas. Dari PA Sambas langsung disampaikan salam pembuka dari Ketua PA Sambas, Drs. H. Helman, MH, beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan dan kesempatan dari Pak Dirjen. Sementara pada sesi tanya jawab dengan Pak Dirjen diawali oleh Hakim Radhia Wardana, SHI kemudian dari Wakil Ketua Dra. Sri Suwastini, MH yang menyampaikan sejumlah pertanyaan dan persoalan. Dalam kesempatan tersebut, tampak antusiasme peserta ketika berdialog langsung dengan Pak Dirjen. Karena dukungan visualisasi yang baik, suara dan gambar yang baik dari Pak Dirjen sendiri maupun dari PA Sambas karena didukung dengan kesiapan jaringan internet yang stabil dan perangkat pendukung yang disiapkan Tim IT PA Sambas.

Dalam kesempatan tersebut ada banyak hal yang Pak Dirjen sampaikan kepada empat peradilan yang mengikuti telecomference, namun karena keterbatasan waktu sehingga hanya poin-poin penting saja yang beliau singgung. Ada poin yang berulang kali beliau sampaikan, ia meminta kepada pimpinan dan seluruh apartur peradilan untuk menjaga kantor agar tetap bersih, terawat dan pelayanan kepada para pencari keadilan harus diperhatikan. Secara keseluruhan pesan beliautetap merujuk pada pesan  yang terangkum dalam 11 Pesan Pak Dirjen yang telah disampaikan dan disosialisasikan dalam banyak kesempatan sebelumnya. Pesan beliau tersebut dapat dirangkum sebagai berikut:

  1. Berikan pelayanan terbaik bagi para pencari keadilan
  2. Memelihara dan menjaga kekompakan para pegawai
  3. Meningkatkan disiplin pegawai
  4. Tidak boleh abai terhadap penggunaan anggaran
  5. Administrasi perkara harus dikerjakan dengan tertib dan sekesama
  6. Kebersihan kantor harus selalu dijaga
  7. Perlu menjalin silaturrahmi dengan peradilan dan instansi lain
  8. Pelajari dan pahami:
  9. PERMA omor 14/2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Ekonomi Syari’ah
  10. Buku: Sita dan Kejurusitaan karya Hensyah Syahlani
  11. Buku: Hukum Acara Perdata (tentang Gugatan Persidangan, Penyitaan, Pemblokiran dan Putusan Pengadilan), karya M. Yahya Harahap
  12. Buku: Ruang Lingkup Permasalahan Eksekusi Bidang Perdata, Karya M. Yahya Harahap
  13. Buku: Kedudukan, Kewenangan dan Acara Perdilan Agama, karya Yahya Harahap
  14. Budayakan berbagi ilmu dan diskusi terkait hukum acara
  15. Perhatikan nasib tenaga honorer
  16. Selenggarakan doa bersama secara rutin

 

SebelumnyaPererat Silaturrahim, Keluarga Besar PA Sambas Gelar Buka Puasa Bersama SesudahnyaResmi, PTA Pontianak Mempunyai Ketua Baru

Berita Lainnya

0 Komentar