Dirjen Badilag: Tahun 2016 adalah Tahun Pelayanan

Terbit 27 Mei 2016 | Oleh : Redaksi | Kategori : Berita

PONTIANAK – Demikian salah satu poin penting yang disampaikan oleh Dirjen Badilag, Abdul Manaf pada kegiatan Pembinaan kepada seluruh unsur pimpinan di Wilayah PTA Pontianak, Rabu (25/05) kemarin. Di hadapan seluruh Hakim, baik hakim banding maupun hakim tingkat pertama, termasuk Ketua dan Wakil Ketua PA, serta seluruh pejabat Kepaniteraan dan Kesekretariatan se Kalbar, Abdul Manaf menggaris bawahi hal ini. Karena menurutnya pada tahun 2016 ini merupakan saat yang sangat strategis untuk seluruh lingkungan Peradilan Agama membenahi dan meningkatkan kualitas pelayanan.

 

Pembinaan ini dilaksanakan di Aula PTA Pontianak. Kegiatan yang melibatkan seluruh unsur pimpinan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Kunjungan Kerja Ketua Mahkamah Agung beserta Pimpinan Mahkamah Agung ke Kalbar. Adapun poin lain yang dapat digaris bawahi dari apa yang disampaikan oleh Dirjen Badilag, diantaranya:

1.       Bahwa Tahun 2016 merupakan tahun pelayanan

2.       Memberikan fasilitas yang nyaman dan layak untuk pelayanan publik

3.       Jangan membeda-bedakan orang dalam memberikan pelayanan

4.       Tingkatkan koordinasi antar pimpinan, baik internal maupun eksternal

5.       Jalin koordinasi (hubungan) baik dengan peradilan lain

6.       Agar pimpinan maupun Hakim banyak belajar perihal sita.

Dalam forum pembinaan ini, Pak Dirjen memberikan ruang bagi peserta yang hadir untuk tanya jawab. Kegiatan berakhir pada pukul 12.00 siang. Dan menunggu agenda selanjutnya yaitu Ramah Tamah dan Pembinaan dari Ketua Mahkamah Agung di Aston Hotel Pontianak.

Pembinaan dari Ketua Mahkamah Agung

Sekitar pukul 18.30 WIB dilaksanakan Acara Ramah Tamah dan makan malam bersama Ketua dan Pimpinan Mahkamah Agung beserta seluruh peserta di Ball Room Aston Hotel Pontianak. Adapun peserta yang hadir adalah seluruh unsur Pimpinan, Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional 4 lingkungan peradilan (Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Pengadilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Militer) di wilayah Kalbar.

Selanjutnya sekitar pukul 19.30 WIB Acara Pembinaan dari Ketua Mahkamah Agung (KMA) dimulai. Kehadiran KMA didampingi sejumlah pimpinan lainnya dari Mahkamah Agung. Ketua MA, Hatta Ali dalam Pembinaannya mengingatkan agar seluruh aparat peradilan menjaga nama baik lembaga peradilan (Mahkamah Agung). Di samping itu dirinya menekankan agar tidak sekedar menjaga nama baik, tapi juga integritas terlebih dia seorang hakim. Bagi seorang hakim ada pedoman perilaku hakim. Demikian juga aparatur lainnya, ingatnya.

Terlebih saat ini, Mahkamah Agung sedang disorot publik. Baik itu melalui media cetak, elektronik, media online dan lain-lain Mahkamah Agung sedang jadi perbincangan publik. Hal ini tidak lain karena adanya sebagian aparat yang menyalahgunakan jabatan dan wewenangnya untuk kepentingan pribadi. Untuk itu kita harus berhati-hati, dan tetap menjadi integritas diri sebagai seorang aparat peradilan, tambahnya.

Di samping pembinaan yang langsung disampaikan oleh Ketua MA, dilanjutkan dengan dialog dan tanya jawab dari peserta yang hadir. Dialog tanya jawab dari peserta ini berlangsung lama, hingga kegiatan ini berakhir sekitar pukul 03.00 pagi.

SebelumnyaPA Sambas Ikuti Pembinaan Teknis dan Rakor oleh Pimpinan Mahkamah Agung SesudahnyaIt is a two tier league system created in 1962 as the elite

Berita Lainnya

0 Komentar