HATIBINWASDA PTA PONTIANAK LAKUKAN PENGAWASAN DI PA SAMBAS

Terbit 28 Februari 2017 | Oleh : Redaksi | Kategori : Berita / Fokus Peradilan / Informasi Publik

SAMBAS –  PA Sambas pada Senin (27/02) kemarin kedatangan Tim Pengawas dari PTA Pontianak. Tim yang berjumlah 7 orang itu diketuai oleh WKPTA Pontianak, Drs. H. Anshoruddin, SH., MH, 2 orang Hakim Tinggi, 2 orang dari bagian Kepaniteraan dan 2 orang dari Kesekretariatan.

Pada pukul 13.00 WIB kedatangan tim disambut langsung oleh Ketua, Sekretaris, Panitera dan beberapa pegawai PA Sambas lainnya. Kegiatan pengawasan merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh Pengadilan Tingkat Banding, untuk melakukan Pembinaan dan Pengawasan kepada satker yang berada di bawah lingkungan PTA Pontianak, setidaknya sekali dalam setahun.

Dari pantauan tim redaksi, tim tersebut terbagi menjadi 2 tim kerja yang berbeda dan dengan agenda yang berbeda pula. Tim pertama yang diketuai oleh WKPTA Pontianak melakukan pembinaan kepada unsur pimpinan yang diawali kepada Ketua PA Sambas, Wakil Ketua, Hakim, seluruh pejabat Kepaniteraan. Prosesnya dilakukan dengan pemanggilan secara perorangan/satu persatu. Menurut informasi yang tim redaksi dapatkan, tim ini bekerja atas adanya laporan pengaduan yang masuk ke PTA Pontianak, sehingga dilakukan croscek terhadap kebenaran isi laporan yang disampaikan, serta pihak pelapor dan terlapor. Hingga berita ini diturunkan, pemeriksaan masih dilakukan kepada personil yang ada di Kepaniteraan.

Sementara itu, pengawasan di bagian Kesekretariatan oleh tim dari bagian Kesekretariatan PTA Pontianak, Abdul Mutholib dan Hardiyanto tetap berjalan. Satu persatu berkas dokumen diminta dan dicocokkan dengan data-data terkait. Mulai dari bagian Kepagawaian dan Ortala, bagian Umum dan Keuangan, serta bagian Perencanaan, IT dan Pelaporan.

Di sisi lainnya, di bagian Kepaniteraan pemeriksaan dan pengawasan juga dilakukan oleh bagian Kepaniteraan PTA Pontianak, M. Syafi’i. Dimulai dari pemeriksaan register, berkas-berkas serta laporan bulanan.  Semua berkas diperiksa berdasarkan sampel acak terhadap perkara-perkara yang diputus.

Direncanakan kegiatan akan berakhir pada pada Rabu (01/03) besok, setelah dilakukan ekspos dan pembinaan.

SebelumnyaSekretaris MA " Sekretaris Pengadilan Adalah Sebagai Suporting Unit Pengadilan" SesudahnyaEKSPOSE HASIL PENGAWASAN HATIBINWASDA DAN PEMBINAAN WAKIL PTA PONTIANAK

Berita Lainnya

0 Komentar