HATIBINWASDA PTA Pontianak Nilai Kesiapan SAPM PA Sambas

Terbit 27 Juli 2018 | Oleh : Redaksi | Kategori : Berita / Informasi Publik / Umum
HATIBINWASDA PTA Pontianak Nilai Kesiapan SAPM PA Sambas

SAMBAS – Kegiatan Pembinaan dan Pengawasan di Pengadilan atau lebih dikenal dengan HATIBINWASDA yang merupakan kepanjangan dari (Hakim Tinggi Pembinaan dan Pengawasan Daerah) adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Pengadilan tingkat banding setiap tahun. Minimal setahun sekali kegiatan ini dilaksanakan.

Kali ini Pengadilan Agama Sambas kehadiran Tim Hatibinwasda dari PTA Pontianak pada Rabu, 25 Juli 2018. Tim yang terdiri dari 3 orang tersebut sampai di Pengadilan Agama Sambas sekira pukul 09.00 pagi. Ternyata mereka tiba lebih awal dari perkiraan. Karena sekitar jam 03.00 subuh mereka sudah berangkat dari Pontianak menggunakan jasa angkutan taksi.

Tim yang diketuai Hakim Tinggi Muhammad Alwi beranggotakan 1 orang dari bagian Kepaniteraan yaitu Ibu Tuti Yuliarti dan 1 orang dari Kesekretariatan yaitu Ibu Santi Hermawati membawa surat tugas untuk melakukan pengawasan selama 3 hari, mulai tanggal 25 s.d 27 Juli 2018. Pengawasan kali ini lebih mengkhususkan kepada kesiapan dan implementasi pelaksanaan SAPM (Standarisasi Akreditasi Penjaminan Mutu) pada satker.

Opening Ceremony

Setibanya di Pengadilan Agama Sambas, Tim langsung mempersiapkan untuk acara pembukaan (opening ceremony) untuk menyampaikan maksud dan tujuan kehadiran tim di PA Sambas. Tidak terlalu lama kegiatan pembukaan itu dilakukan, selanjutnya sebelum pukul 10.00 WIB kegiatan pembukaan sudah selesai, dan tim langsung melakukan tugasnya. Dari PA Sambas sengaja telah mempersiapkan ruang Wakil Ketua yang kebetulan kosong untuk dijadikan ruang pemeriksaan seluruh berkas dokumen SAPM.

Dari pantau redaksi, tim ini telah membagi tugas mreka menjadi 3 pokok pemeriksaan. Ketua Tim khusus memeriksa pada Pj. Manajemen, sementara Santi Hermawati khusus memeriksa Pj. Kesekretariatan dan Tuti Yuliarti memeriksa Pj. Kepaniteraan. Ketiga tim ini telah mengantongi sejumlah poin yang akan diperiksa. Tidak kurang dari 2 hari penuh tim bekerja untuk memeriksa dan menelusuri tiap-tiap kelengkapan dokumen yang diminta dan melakukan cross chek pada objek lainnya seperti pada bidang sarana prasarana.

Ekspose dan Close Meeting

Pada hari Jum’at pagi sekitar pukul 9.45 WIB seluruh pegawai telah siap berkumpul diruang sidang utama untuk mengikuti ekspose dan close meeting sebagai acara penutup seluruh rangkaian kegiatan pemeriksaan. Tim pemeriksa sudah siap dengan catatan-catatan yang menjadi temuan. Dari catatan tersebut tentu akan menjadi tindak lanjut bagi PA Sambas sebagai satker yang diperiksa, dan akan diberikan tenggak waktu 1 bulan untuk menindaklanjutinya.

Ketua Tim Muhammad Alwi memaparkan garis-garis besar temuan dan secara keseluruhan telah terangkum dalam berkas yang sudah terjilid menjadi satu buku itu. Di akhir kegiatan ditandai dengan penyerahan secara simbolis hasil temuan dari Tim Hatibinwasda PTA Pontianak kepada Ketua PA Sambas. Dari Ketua PA Sambas telah berkomitmen untuk menindaklanjuti hasil temuan tersebut sebelum waktu 1 bulan yang diberikan.

[zul]

 

SebelumnyaSEKRETARIS MAHKAMAH AGUNG : “PIMPINAN PENGADILAN HARUS MEMAHAMI MASALAH KESEKRETARIATAN” SesudahnyaPengantar Purna Bhakti Pegawai Pengadilan Agama Sambas

Berita Lainnya