Implementasikan E-Court, PA Sambas dan BSM Jalin Kerjasama Sosialisasikan Perma 3 Tahun 2018

Terbit 21 Januari 2019 | Oleh : Redaksi | Kategori : Berita / Umum
Implementasikan E-Court, PA Sambas dan BSM Jalin Kerjasama Sosialisasikan Perma 3 Tahun 2018

Gambar: Ketua PA Sambas didampingi Wakilnya saat memberikan sambutan dan pengarahan

SAMBAS – Pengadilan Agama Sambas menjalin kerjasama dengan pihak perbankan terkait penerapan Perma nomor 3 Tahun 2018. Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Sambas sebagai bank yang ditunjuk menjadi mitra dalam pelaksanaan e-court hadir menyampaikan sosialisasi, Jum’at (18/01) lalu. Sosialisasi dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB di Ruang Sidang Utama PA Sambas. Selain dihadiri oleh seluruh unsur Kepaniteraan, Hakim, Sekretaris, para Kasubag PA Sambas, juga dihadiri oleh sejumlah advokat yang biasa beracara di PA Sambas.

Ketua PA Sambas Drs. H. Khoer Affandi, SH dalam sambutannya sedikit memberikan ulasan terkait pentingnya sosialisasi ini dilakukan. “Kegiatan ini penting untuk kita tindaklanjuti, karena ini merupakan amanat Perma 3 tahun 2018”, sebutnya. Dengan adanya e-court ini, sambung Khoer, maka banyak pihak yang akan diuntungkan, karena tidak perlu lagi harus datang ke Pengadilan hanya untuk menyampaikan gugatan ataupun permohonan, katanya.

Lebih lanjut dijelaskan dia, dalam hal pendaftaran perkara Online, saat ini dikhususkan untuk Advokat. Pengguna terdaftar harus setelah mendaftar dan mendapatkan Akun, harus melalui mekanisme validasi Advokat oleh Pengadilan Tinggi tempat dimana Advokat disumpah, sedangkan pendaftaran dari Perseorangan atau Badan Hukum akan diatur lebih lanjut.

Kadafi Imam Sedayu saat menyampaikan materi sosialisasi

Mewakili BSM, Kadafi Imam Sedayu selaku Branch Office and Service Manager Bank Syariah Mandiri Cabang Sambas menyampaikan beberapa penjelasan teknis terkait pelaksanaan e-court dengan pihak perbankan.

  • e-Skum (Taksiran Panjar Biaya)

Dengan melakukan pendaftaran perkara online melalui e-Court, Pendaftar akan secara otomatis mendapatkan Taksiran Panjar Biaya (e-SKUM) dan Nomor Pembayaran (Virtual Account) yang dapat dibayarkan melalui saluran elektronik (Multi Channel) yang tersedia.

  • Mendapatkan Nomor Perkara

Pendaftaran Perkara melalui e-Court secara singkat tahapannya adalah Daftar (Mendapatkan Nomor Pendaftaran Online), Melengkapi Data Pihak, Upload Berkas Gugatan, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara (e-Skum), Melakukan Pembayaran, Menunggu Verifikasi dan Mendapatkan Nomor Perkara dari Pengadilan Tempat Mendaftarkan Perkara.

Dalam sesi ini, admin SIPP PA Sambas Wawan Kusumawardani, A.Md juga memberikan penjelasan-penjelasan terkait penggunaan aplikasi e-court dalam proses pendaftaran. Sehingga dalam pelaksanaannya nanti antara pihak pengguna yaitu advokat, pihak pengadilan dan bank sebagai bank mitra yang ditunjuk tidak mengalami kendala dalam pelaksanaannya. Jika nantinya dalam proses pelaksanaan terdapat kekeliruan atau kesalahan dikhawatirkan akan merugikan pihak, bisa advokat, pihak bank maupun pengadilan itu sendiri, kata dia.

Admin SIPP didampingi Panitera (berkacamata) saat menyampaikan penjelasan terkait penggunaan aplikasi e-court

  • Pengguna Terdaftar

Advokat yang sudah terdaftar sebagai Pengguna Terdaftar dapat beracara di seluruh Pengadilan yang sudah aktif dalam pemilihan saat mau mendaftar perkara baru. Pengadilan yang melaksanakan e-Court dilakukan secara bertahap sehingga Pengadilan yang tidak ada dalam daftar, akan menyusul setelah adanya kesiapan.

E-Payment

Untuk kelancaran dalam mendukung program e-Court Mahkamah Agung RI bekerja sama dengan Bank Pemerintah dalam hal manajemen Pembayaran Biaya Panjar Perkara . Dalam Hal ini Bank yang telah ditunjuk menyediakan Virtual Account (Nomor Pembayaran) sebagai sarana pembayaran kepada Pengadilan tempat mendaftar perkara.

Usai pemaparan materi, dilanjutkan dengan foto bersama.

Gambar: Sesi foto bersama PA Sambas dengan pihak perbankan dan advokat usai sosialisasi

(zul)

SebelumnyaSidang Keliling 2019: PA Sambas Targetkan 34 Kali Persidangan di Dua Kecamatan SesudahnyaLive Streaming: Ketua MA Lantik 29 Ketua Pengadilan Tingkat Banding

Berita Lainnya