Pilih Laman

Mengutip makna pepatah :” sekali mendayung dua, tiga pulau terlampaui”, seperti itulah kegiatan pada hari Senin tanggal 12 Januari 2015. M bertepatan dengan tanggal 21 Rabiul Awal 1436. H bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, tiga kegiatan sekaligus pada hari itu dilaksanakan, yaitu dimulai pada pukul 09.00. WIB pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, dilanjutkan acara temu pisah dan pengantar tugas Ibu Dr. Hj. Djazimah Muqoddas, SH.,M.Hum dan setelah isoma tepat pukul 12.30 WIB dilanjutkan dengan acara Rapat Koordinasi, peserta rakor adalah seluruh Ketua, Wakil Ketua dan Panitera / Sekretaris Pengadilan Agama se wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Pontianak serta Hakim Tinggi dan pejabat struktural dan fungsional Pengadilan Tinggi Agama Pontianak.

Rakor dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Drs. H. Bahrussam Yunus, SH.,MH  yang didampingi Wakil Ketua Drs. H. Anshoruddin, SH.,MA dan Panitera / Sekretaris Muhammad Jusuf, SH Pengadilan Tinggi Agama Pontianak. Rakor ini adalah mengevaluasi program dan kinerja Tahun 2014 dan menyusun program kerja Tahun 2015. Dalam evaluasi Ketua Pengadilan Tinggi menyampaikan bahwa program Tahun 2014 adalah Kedisiplinan, Peningkatan SDM, Kenyamanan dalam bekerja, Jemput bola, Pembinaan dan pengawasanan danPerlombaan dalam rangka 25 Tahun UU PA. Program tersebut pada umumnya kita sudah melaksanakan dengan baik, adapun hal-hal yang masih belum terlaksana segera pada Tahun 2015 diperbaiki, dan keberhasilan pada Tahun 2014 kita tingkatkan, jangan lagi terjadi cuti melebihi 5% dan para Ketua Pengadilan Agama mengajukan cuti harus melalui Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama dengan memperhatikan pelaksanaan sidang, sangatlah tidak logis dan menyalahi aturan apabila sidang ditunda karena Majelis hakim cuti, demikian halnya izin hanya 2 (dua) hari kerja dan bukan 3 (tiga) hari kerja karena 3 (tiga) hari sudah harus masuk kategori cuti.

Dalam peningkatan SDM kita telah melaksanakan diskusi wilayah dan untuk Tahun 2015 kita tingkatkan diskusi wilayah akan dilaksanakan pada bulan Juni dengan materi peningkatan kwalitas putusan, diskusi lain dilaksanakan dengan memperhatikan permasalahan yang menarik, waktu dan keuangan yang tersedia. Untuk Bimtek kita rencanakan pada Tahun 2015 tiga kali dengan materi ekonomi Syari’ah, teknis peradilan dan kepaniteraan. Lanjut beliau mengatakan Insya Allah Bimtek ekonomi Syari’ah tanggal 28 Februari 2015 dengan pemateri Ketua Kamar Agama dan seorang Hakim Agung serta praktisi ekonomi Syari’ah dan Bimtek lain akan dilaksanakan pada bulan April dan Mei.

Untuk kenyamanan bekerja kita tingkat dan pada umumnya kantor kita sudah pada bersih, lingkungan kantor kita perhatikan, hiasan bunga ditata dengan baik, agar indah dilihat. Untuk pembinaan dan pengawasan akan kita tingkatkan, eksaminasi akan dilaksanakan pada bulan Maret 2015 yang hasil eksaminasi akan menjadi bahan Hatibinwasda melaksanakan Binwas langsung pada bulan April 2015. Prestasi yang kita dapatkan pada Tahun 2014 kita tingkatkan. Kita harus bangga dengan prestasi tersebut, namun jangan terlena dengan kebanggaan kita lanjutkan dan kembangkan untuk mendapat prestasi yang lain. Dalam kesempatan ini juga Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama menekankan pada kebersamaan bekerja dan disiplin, sementara itu Panitera / Sekretaris menekankan pada hal-hal yang bersifat teknis dan pengelolahan pada anggaran Tahun 2015. (Tomi)

 

sumber : pta-pontianak.go.id