KPA dan KPN Sambas Temui Kepala Pertanahan Kab. Sambas

Terbit 21 Oktober 2016 | Oleh : Redaksi | Kategori : Berita

SAMBAS – Kamis (20/10) kemarin, Ketua Pengadilan Agama Sambas (KPA) Drs. H Helman, MH didampingi Sekretaris, Muksin, dan Kasubag Perencanaan, TI , dan Pelaporan, Zulfian mendatangi kantor Pertanahan Kab. Sambas. Kedatangan kali ini dilakukan bersama dengan Ketua Pengadilan Negeri Sambas, Yogi Arsono, SH didampingi oleh Sekretaris, Hamida dan Kasubag Perencanaan, IT dan Pelaporan PN Sambas, Rosihan Saleh.

Kedatangan pucuk pimpinan kedua lembaga ini untuk menyoal pada pihak BPN terkait kendala yang dialami untuk proses pensertifikatan tanah hibah yang diterima dari Pemkab Sambas pada 2014 lalu. Diterima langsung oleh Kepala Kantor BPN Sambas, Marihot Gultom di ruang kerjanya, KPA Sambas dan KPN Sambas menanyakan langsung kendala apa yang menghambat proses ini dan langkah apa yang harus diambil.

Dari BPN menjelaskan bahwa saat ini pihaknya telah menindaklanjuti adanya permohonan persertifikatan yang dimohonkan oleh PA dan PN Sambas kepada mereka. Namun saat ini mereka masih mendalami proses tentang riwayat pengadaan tanah yang dihibahkan oleh Pemkab Sambas saat itu kepada instansi Pengadilan ini, sementara ketika kita mintakan ke Pemda terkait riwayat tanah hibah ini, ujar Gultom, pihak Pemda masih sedang menelusuri dan mendalami, ungkapnya. Tidak tahu berapa lama proses itu (dari Pemda) baru selesai, namun begitu apapun kendalanya kita akan berusaha mengambil langkah agar bisa segera diproses, tambah Gultom.

Sementara itu, Yogi Arsono meminta untuk BPN mengambil langkah yang seharusnya jika proses ini mengalami kebuntuan. “PN Sambas pada tahun aggaran 2016 ini memperoleh dana untuk pensertifikatan tanah sebesar 50 juta rupiah, sementara waktu realisasinya tinggal 2 bulan, ini harus segera bisa diambil langkah cepat”, pungkas Yogi.

Sebagaimana diketahui bahwa PA Sambas maupun PN Sambas telah memperoleh hibah tanah dari Pemerintah Kabupaten Sambas pada 18 Desember 2014, yaitu tanah bangunan gedung kantor dan tanah rumah dinas yang masing-masing telah berdiri gedung bangunan di atasnya. PA Sambas memperoleh hibah tanah untuk bangunan gedung kantor seluas 9.200 M2 dan tanah rumah dinas seluas 8000 M2. Sementara untuk proses pengajuan pensertifikatan telah diajukan pada Desember 2015 lalu. (By: zulfian)

SebelumnyaPengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil Dan Perpisahan Mahasiswa Magang SesudahnyaKPTA: “Jangan Merasa Paling Penting, Tapi Semua Kita adalah Penting”

Berita Lainnya

0 Komentar