PA Sambas Sukses Sebagai Tuan Rumah Penyelenggara Diskusi Wilayah II PTA Pontianak

Terbit 16 Juni 2015 | Oleh : Redaksi | Kategori : Berita / Informasi Publik

pa-sambas.go.id – Alhamdulillahirabbil ‘Alamin, puji syukur kepada Allah, itulah barangkali ungkapan yang terucap dari seluruh warga PA Sambas atas sukseknya penyelenggaraan diskusi wilayah II PTA Pontianak, yang dilaksanakan di PA Sambas. Dipilihnya PA Sambas sebagai tuan rumah tersebut atas dasar kesepakatan dalam rapat koordinasi PTA Pontianak dimana PA Sambas belum pernah ditunjuk menjadi tuan rumah dalam beberapa kali pelaksanaan diskusi di wilayah II PTA Pontianak.
Atas kesepakatan tersebut, PA Sambas menyatakan siap dan sanggup menjadi tuan rumah dan akan berupaya semaksimal mungkin menjadi tuan rumah yang baik. Dan terbukti dengan bermodal semangat dan kesungguhan, kesanggupan PA Sambas tersebut akhirnya berbuah manis, PA Sambas benar-benar membuktikan mampu menjadi tuan rumah yang baik dan penuh kesan. Keberhasilan tersebut tentu saja tidak lepas berkat kerja keras dan berpartisipasi aktif dari seluruh keluarga besar PA Sambas. Sebelumnya, persiapan matang yang dilakukan panitia pelaksana kegiatan ini memang sudah dilakukan jauh sebelum acara diselenggarakan, sehingga segala kebutuhan, sarana dan prasarana penunjang kegiatan diskusi bisa disediakan dengan sangat baik.


Acara diskusi yang diselenggarakan pada Tanggal 8-9 Juni 2015 tersebut dihadiri oleh seluruh hakim empat Pengadilan Agama wilayah PTA Pontianak, yang terdiri PA Mempawah, PA Sanggau, PA Bengkayang dan PA Sambas selaku tuan rumah.  Turut hadir pula dalam acara tersebut Ketua PTA Pontianak, Wakil Ketua PTA Pontianak dan beberapa hakim tinggi PTA Pontianak.  Diskusi hakim kali ini pun mengambil tema pembahasan yang cukup menarik sekaligus menantang karena sangat berkaitan dengan tugas pokok para hakim peradilan agama, yaitu “ Melalui Diskusi Teknik Pemeriksaan Perkara kita tingkatkan kualitas putusan”.
“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, diskusi hukum wilayah II PTA Pontianak saya nyatakan dibuka”, begitulah kata-kata pembuka yang disampaikan oleh Ketua PTA Pontianak, Drs. H. Bahrussam Yunus, S.H., M.H. untuk memulai jalannya diskusi yang berlangsung selama 2 hari tersebut. Acara pembukaan diskusi tersebut bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Sambas, yang dimulai pada pukul 13.30 WIB.
Setelah membuka acara diskusi secara resmi,  Ketua PTA Pontianak selaku narasumber menyampaikan materi pembuka tentang Teknis Pemeriksaan Perkara untuk mendapatkan putusan yang berkualitas. Beliau menyampaikan materi dengan gayanya yang cukup khas, tidak sekedar komunikasi satu arah saja, namun beliau juga mengajak para peserta ikut aktif menyampaikan pendapat dan pandangannya tentang materi pembahasan. Selanjutnya para peserta diskusi dibagi menjadi empat kelompok, dan masing-masing kelompok berdiskusi secara lebih intensif untuk mengkritisi sebuah putusan yang sebelumnya telah ditentukan menjadi materi pokok diskusi. Para peserta diskusi terlihat sangat antusias dalam mengikuti jalannya diskusi kelompok ini.
Puncak dari acara kegiatan diskusi ini adalah diskusi pleno yang dilaksanakan pada hari kedua, dimana masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara terbuka..Pemaparan hasil diskusi satu kelompok akan dikritisi oleh kelompok yang lain secara bergiliran, sehingga terjadilah saling interaksi antar kelompok, yang menimbulkan banyak terjadinya ragam pendapat, bahkan tidak jarang terjadi perbedaan pendapat dalam satu kelompok. 

 

  

Alhasil, pelaksanakan diskusi berjalan dengan sangat lancar. Meskipun diskusi ini berlangsung dengan serius namun tetap ada diselingi canda dan tawa. Dengan kata lain, keseriusan para peserta dalam berdiskusi berjalan tanpa mengurangi nuansa keakraban yang sebelumnya memang sudah terjalin antar seluruh peserta. Bahkan, kesan yang muncul dari para peserta diskusi umumnya berpendapat bahwa diskusi dengan tema tersebut sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan para hakim.
Akhirnya,  di akhir acara Ketua PTA Pontianak tidak ragu untuk menyampaikan kata-kata sanjungan, beliau menyampaikan kesan bahwa PA Sambas telah sukses dan berhasil menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan diskusi hakim ini tanpa ada kendala dan hambatan yang berarti. Beliau juga sangat terkesan dengan kenyamanan suasana lingkungan kantor PA Sambas yang sejuk dan asri. Kesan tersebut rasanya tidak berlebihan, karena juga turut dirasakan oleh seluruh para peserta diskusi, mereka merasa sangat puas dan terkesan dengan segala pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh PA Sambas selama belangsungnya acara diskusi. Di akhir pesannya dalam acara penutupan, Ketua PTA Pontianak menyampaikan bahwa diskusi seperti ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan hakim-hakim Pengadilan Agama, khususnya di wilayah PTA Pontianak. (Zaki/ Radhia)

SebelumnyaThe upper surface develops into a glossy dark green colour SesudahnyaWith the recent politics being so dominant in the media

Berita Lainnya

0 Komentar