Pilih Laman

SAMBAS – Pada hari Selasa (11/12) sekitar pukul 13.30 WIB telah dilaksanakan rapat kerja anggaran yang melibatkan seluruh unsur pegawai Pengadilan Agama Sambas. Adapun yang menjadi agenda utama adalah pembahasan program kerja anggaran tahun 2019 untuk pagu anggaran DIPA 01 BUA dan DIPA 04 Badilag, serta penyusunan rencana kerja anggaran tahun 2020.

Dalam kesempatan itu, bertindak sebagai moderator H. Idon, SHI, Sekretaris PA Sambas. Rapat dipimpin oleh Ketua PA Sambas Drs. H. Khoer Affandi, SH. Untuk pelaksanaan anggaran, Khoer memaparkan satu persatu komponen kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2019. Terutama terkait dana pemeliharaan kantor, yaitu arah dan waktu pelaksanaannya. Kemudian, belanja pengadaan pakaian dinas agar sebisa mungkin bisa direalisasikan segera, pintanya. Selanjutnya, kegiatan belanja modal yaitu rehabilitasi gedung kantor, tahapanannya, perencanaan hingga pelaksanaan pekerjaan fisik. Untuk itu dirinya meminta agar segera bisa dikoordinasikan dengan konsultan, karena terkait dengan rencana persiapan pindah kantor sementara di gedung kantor yang lama, ujarnya.

Untuk DIPA 04 Badilag, kegiatan anggaran telah mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Diantaranya, untuk pembebasan biaya perkara (prodeo) sebelumnya tersedia untuk 5 perkara dengan nominal Rp. 1.750.000. Untuk tahun 2019, anggaran untuk itu naik menjadi 15 perkara yaitu Rp. 5.250.000. Kemudian, ditahun tersebut juga terdapat kegiatan Sidang Terpadu dengan pagu anggaran Rp. 19.000.000,-. Menyikapi ini, banyak hal yang perlu dipersiapkan diantaranya berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu Kementerian Agama Kab. Sambas, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Sambas serta Pemerintah Daerah Kab. Sambas, papar Khoer.

Selain itu, ditambahkan dia, untuk pelaksanaan sidang di luar gedung pengadilan atau sidang keliling terdapat perubahan tempat sidang, sebelumnya hanya di satu tempat sidang yaitu KUA Kec. Pemangkat saja. Untuk tahun 2019 direncanakan kegiatan sidang keliling lebih dari satu tempat, diperkirakan di Kecamatan Teluk Keramat dan atau Kecamatan Jawai. Untuk itu, terkait hal ini perlu untuk ditindaklanjuti lebih jauh bagi petugas yang akan melaksanakan, bapak/ibu Hakim dan bagian Kepaniteraan.

(zul)