Pilih Laman

SAMBAS – Sehari setelah menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi di Pengadilan Tinggi Agama Pontianak pada hari Kamis (31/01), Ketua PA Sambas Drs. Khoer Affandi, SH menggelar rapat sosialisasi dan tindaklanjut. Rapat dilaksanakan di ruang Sidang Utama PA Sambas pada hari Jum’at (01/02) pada pukul 10.00 WIB.

Di dampingi Wakil Ketua Ahmad Juaeni, SH., MH dan Sekretaris H. Idon, SHI, rapat membahas 2 agenda penting yaitu tindaklanjut Hasil Pembinaan dan Pengawasan Hakim Tinggi Pembinaan dan Pengawas Daerah (Hatibinwasda) PTA Pontianak tahun 2018 dan Zona Integritas. Dalam rapat tersebut, sebelumnya telah dibagikan kepada masing-masing peserta rapat fotocopy bundel rekap hasil pembinaan dan pengawasan yang diperoleh Ketua setelah mengikuti Rakor di Pontianak.

Dari bundel tersebut telah disebutkan temuan-temuan yang dirangkum oleh seluruh Hatibinwasda PTA Pontianak sepanjang tahun 2018. Dari temua-temuan itu, pada umumnya merupakan temuan yang tidak jauh berbeda dengan kondisi atau keadaan tiap-tiap Pengadilan Agama di Kalbar. Oleh karenanya Khoer mengajak seluruh unsur pimpinan beserta jajarannya untuk membaca dan menelaah dengan cermat dari hasil temuan itu. Dikatakan dia, sekiranya temuan tersebut bukan terjadi di satker kita maka jangan kita merasa marah atau tersinggung, namun kalau hal tersebut benar terjadi ditempat kita maka harus kita perbaiki, pintanya.

Ada 17 halaman hasil temuan Hatibinwasda tersebut, mencakup 5 bidang pengawasan, yaitu:

  1. Manajemen Peradilan
  2. Kinerja Pelayanan Publik
  3. Administrasi Perkara
  4. Administrasi Persidangan dan Pelaksanaan Putusan
  5. Administrasi Kesekretariatan

Usai pembahasan hasil pembinaan dan pengawasan, rapat dilanjutkan dengan pembahasan pelaksanaan zona integritas pada peradilan agama di lingkungan PTA Pontianak. Terkait pencanangan zona integritas saat ini, kata Khoer, WKPTA Pontianak Ibrahim Kardi berharap agar zona integritas yang telah ditandatangani sebagai bentuk komitmen bersama masing-masing satker agar dapat terwujud dan terlaksana dengan sebaik-baiknya. Dan untuk melihat aspek-aspek penilaiannya, dapat diukur dengan aplikasi excel yang berisikan eviden-eviden serta poin penilaiannya.

(Zul)