Sidang Keliling 2019: PA Sambas Targetkan 34 Kali Persidangan di Dua Kecamatan

Terbit 18 Januari 2019 | Oleh : Redaksi | Kategori : Berita / Umum
Sidang Keliling 2019: PA Sambas Targetkan 34 Kali Persidangan di Dua Kecamatan

Foto Bersama: Wakil Ketua PA Sambas (batik biru) beserta rombongan foto bersama dengan Kepala KUA Kec. Pemangkat beserta jajarannya

SAMBAS – Sudah menjadi program rutin,  Pengadilan Agama Sambas tiap tahun melaksanakan persidangan di luar gedung pengadilan. Salah satu program prioritas Pengadilan Agama Sambas ini dilakukan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dalam mendapatkan pelayanan hukum dan keadilan (justice for all dan justice for the poor). Disamping itu juga untuk  mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan dan menjadi salah satu upaya meningkatkan kesadaran hukum masyarakat terhadap hukum syari’ah Islam yang penegakannya menjadi tugas dan fungsi serta wewenang Pengadilan.

Kamis (17/01) kemarin, merupakan kegiatan sidang keliling perdana tahun anggaran 2019 yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Pemangkat. Selain majelis yang menyidangkan perkara, turut hadir pula Wakil Ketua PA Sambas Drs. Ahmad Juaeni, MH yang mengantarkan sekaligus ramah tamah dengan pihak KUA Kecamatan Pemangkat selaku tuan rumah yang menyediakan tempat sidang. Kepala KUA Muhammad Muslim, S.Ag beserta jajarannya menyambut dengan ramah kedatangan rombongan dan mempersilahkan untuk sejenak berbincang mengenai kegiatan di ruang kerjanya. Sejauh ini, KUA Kecamatan Pemangkat merupakan tempat yang rutin menjadi tempat untuk dilaksanakannya sidang keliling PA Sambas. Karena Pemangkat adalah lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh para pencari keadilan dari 6 Kecamatan (Semparuk, Salatiga, Selakau, Selakau Timur, Jawai Selatan dan Pemangkat). Selain pertimbangan jarak juga jumlah perkara terbanyak setiap tahunnya adalah beberapa kecamatan dari 6 kecamatan di atas.

Gambar: Suasana persidangan saat sidang perdana di KUA Kec. Pemangkat

Berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatan sidang keliling tahun 2019 ini dilaksanakan di dua tempat berbeda. Terdiri dari 34 kali persidangan, 20 kali persidangan dilaksanakan di KUA Kecamatan Pemangkat dan 14 kali KUA Kecamatan Teluk Keramat. Seluruh rangkaian kegiatan sidang keliling ini dijadwalkan akan selesai pada 17 Oktober 2019 mendatang. Teknis pelaksanaan sidang keliling akan dilaksanakan setiap satu minggu sekali dihari Kamis (kecuali hari libur) dengan pemilihan tempat sidang dilakukan secara silih berganti dari dua tempat sidang tersebut.

Pada hari itu, empat perkara berhasil disidangkan dan ditunda untuk sidang lanjutan hingga 2 pekan kedepan. Taufiqurrahman Alhaq sebagai Ketua Majelis, Ali Akbarul Falah dan H. Ivan Yuzni Amrullah Murtadlo sebagai anggota majelis.

Sementara itu…

Dihari dan waktu yang sama Ketua PA Sambas Drs. H. Khoer Affandi, SH bersama Sekretarisnya H. Idon, SHI melakukan tindaklanjut dari koordinasi dengan pihak Kementerian Agama Kab. Sambas terkait koordinasi kesediaan lokasi sidang keliling yang bertempat di KUA Kecamatan Teluk Keramat. Keduanya ingin bertatap muka langsung dengan Kepala KUA Teluk Keramat H. Zaldi, S.Ag., M.Si. Menjelang siang sekira pukul 11.00 WIB keduanya berhasil menemui dan berbincang dengan H. Zaldi sebagai tuan rumah kegiatan sidang keliling untuk wilayah sekitar kecamatan Teluk Keramat akan datang. Kecamatan Teluk Keramat merupakan lokasi strategis yang mudah diakses masyarakat pencari keadilan dari 4 kecamatan (Galing, Tangaran, Paloh dan Teluk Keramat).

Gambar: (atas) Ketua PA Sambas dan Panitera ketika melakukan koordinasi dengan Kepala Kemenag Sambas, (kiri bawah) Ketua bersama Sekretaris PA Sambas ketika berbincang dengan Kepala KUA Teluk Keramat, (kanan bawah) ketika akan menyeberang menuju KUA Teluk Keramat

Berdasarkan jadwal yang telah disusun, sidang perdana di Kecamatan Teluk Keramat akan dimulai pada 7 Februari mendatang dan akan dilaksanakan sebanyak 14 kali persidangan. Setelah pertemuan antara PA Sambas dan KUA Teluk Keramat, maka hal-hal terkait sarana prasarana dan teknis pelaksanaan akan menyesuaikan kemudian mengingat waktu sidang masih menyisakan kurang lebih 3 pekan kedepan.

Sebagaimana diketahui, tahun 2018 Pengadilan Agama Sambas melaksanakan sidang keliling di Kecamatan Pemangkat yaitu di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pemangkat, dengan anggaran sebesar Rp. 60.000.000,- dilaksanakan dari bulan Februari hingga bulan Nopember 2018. Total jumlah perkara yang ditangani sebanyak 199 Perkara. 

(zul)

Sebelumnya3 Pejabat Pengelola Keuangan PA Sambas Hadiri Sosialisasi PMK 178/2018 dan PMK 196/2018 di KPPN Singkawang SesudahnyaImplementasikan E-Court, PA Sambas dan BSM Jalin Kerjasama Sosialisasikan Perma 3 Tahun 2018

Berita Lainnya