Tim PNBP Mahkamah Agung Lakukan Monitoring dan Pembinaan di PA Sambas

Terbit 25 Juli 2019 | Oleh : Redaksi | Kategori : Berita / Umum
Tim PNBP Mahkamah Agung Lakukan Monitoring dan Pembinaan di PA Sambas

SAMBAS – Tim Monitoring dan Pembinaan PNBP Mahkamah Agung lakukan monitoring dan pembinaan terkait PNBP kepada Bendahara Penerimaan PA Sambas, Selasa (23/07). Tim yang dipimpin langsung oleh Kepala Bagian PNBP, Jamaluddin, SH., MH didampingi oleh dua orang Kasubag PNBP Peradilan B, Muhammad  Ali Zaki, SH., MH dan Kasubag Peradilan C, Jatmiko Hendro Yuwono, S.Kom. Kegiatan dilakukan secara bersamaan dengan monitoring dan pembinaan untukyang dipusatkan di PN Sambas.

Gambar : Bendahara Penerimaan Syahrul Fitriadi (kiri) ketika dimintai laporan pelaksanaan penyetoran PNBP di PA Sambas

Monitoring dan pembinaan dilakukan sekitar pukul 18.30 WIB. Syahrul Fitriadi, SE Bendaharawan Penerimaan PA Sambas hadir dan memberikan data dukung yang diperlukan. Selain ke Bendara Penerimaan, kegiatan ini juga melibatkan Kasir PA Sambas Hidayat, SHI.  Dalam kesempatan itu juga Sekretaris PA Sambas H. Idon, SHI dan Syahrul Fitriadi diminta untuk menandatangani berita acara pembinaan. Disaksikan juga oleh Ketua Pengadilan Agama Sambas, Drs. Ahmad Juaeni, MH yang mengikuti pembinaan tersebut hingga selesai.

Berikut catatan hasil pembinaan yang dilakukan Tim Monitoring dan Pembinaan untuk PA Sambas dan PN Sambas:

  1. Kepaniteraan dan Kesekretariatan Wajib melakukan rekonsiliasi internal PNBP perbulan.
  2. Bendahara Penerimaan, Operator Saiba dan Kasir wajib melakukan rekonsiliasi internal PNBP dengan mencetak BAR (Berita Acara Rekonsiliasi).
  3. Bila ada perkara verzet maka wajib dipungut PNBP nya.
  4. Kasir jika menerima PNBP sesuai PP 5/2019 sampai pukul 12.00 WIB langsung menyetor ke bendara penerimaan dan bendahara penerimaan wajib hari itu juga menyetor ke kas negara.
  5. Bila Bendahara Penerimaan merangkap Jurusita dan sedang menjalankan tugas Jurusita disaat waktu bersamaan wajib menugaskan staf lain untuk menggantikan tugas Bendahara Penerima.
  6. Bendahara Penerimaan wajib mengarsipkan seluruh dokumen PNBP baik 01 maupun 04 sesuaii petunjuk dipisah perbulan.
  7. Sesuai dengan SK KMA 57/2019 diwajibkan Kasir menyetor setiap hari.
  8. Kepaniteraan agar melengkapi instrumen-instrumen yang menjadi syarat dikeluarkannya PNBP oleh Kasir sesuai dengan SK KMA 57/2019.

Setelah melakukan tugasnya, Tim berpamitan dan melanjutkan perjalanan kembali ke Singkawang. (zul)

SebelumnyaRehab Atap dan Tata Ruang Gedung PA, Owner dan Pelaksana Lakukan Pre Construction Meeting (PCM) SesudahnyaKPTA, Panitera dan Sekretaris PTA Pontianak Lakukan Pembinaan di PA Sambas

Berita Lainnya